Wednesday, August 26, 2009

Cara Mendongkrak Kinerja seorang karyawan

Caranya? Simak 5 kunci dasar berikut:

* Kekhususan
Karyawan membutuhkan spesifikasi. Informasi spesifik lengkap dengan cara
pelaksanaan sangat membantu stabilitas kinerja, sekaligus memperbaiki
kekurangan. Manajer tak perlu sibuk memandori dan karyawan tahu keinginan
perusahaan, ini menunjang kreativitas.

* Konsistensi
Informasi sebaiknya tidak saling bertentangan. Misalnya penilaian berkala
baik, tapi penilaian tahunan buruk. Ini, inkonsistensi yang meresahkan dan
menganggu kinerja.

* Waktu yang tepat
Umpan balik sebaiknya segera diberikan, agar karyawan termotivasi
memperbaiki. Kalau kelamaan ada keengganan mengevaluasi. Mereka terlanjur
merasa benar dan akan sangat terpukul jika dapat nilai rapor jelek.

* Komunikasi yang efektif
Manajer harus mampu menciptakan komunikasi efektif untuk menumbuhkan
persamaan persepsi dengan karyawan. Jika pernyataan manajer tidak dimengerti
atau diterima sepotong-sepotong, sasaran tak akan tercapai.

* Niat baik dan kerjasama
Manajer perlu menunjukkan niat baik dan kerjasama. Umpan balik yang hanya
bertujuan menjatuhkan atau mempermalukan karyawan tak akan mampu menciptakan
kondisi kerja yang sehat.

Karyawan yang ikut memberikan ide dalam menetapkan sasaran atau standar
kinerja, berarti telah mengemukakan kehendak dan kebutuhannya. Karyawan
tersebut akan berusaha mencapainya, karena dia tahu apa yang dia mau.

No comments:

Post a Comment